Nih Jenis Odp Jaringan Fiber Optic

Mengenal ODP Jaringan Akses Fiber Optik. Saat ini telkom telah gencar melaksanakan realisasi jaringan indihome fiber, yang mana teknologi yang dipakai oleh produk indihome yaitu teknologi jaringan GPON dengan mengadopsi media penghantar data sebuah serat optik atau yang lebih dikenal dengan nama Fiber Optic (FO).

Sekedar mengingatkan kembali, bahwa sebelum beralih ke indihome, telkom mempunyai produk layanan internet yang disebut Speedy dengan memakai teknologi jaringan ADSL dan masih memanfaatkan media sebuah sebuah kawat tembaga sebagai media penghantar data serta mempunyai kecapatan maksimal sampai 5 Mbps.

Dan untuk ketika ini pihak telkom telah melaksanakan revolusi digital dengan mengusung produk yang berjulukan Indihome yang menggabungkan layanan Internet, IPTV, dan Telepon Rumah atau yang familiar dengan layanan Triple Play Fiber Optic.

Share artikel kali ini akan membahas beberapa perangkat jaringan yang dipakai untuk mendukung layanan fiber optik sehingga secara tidak eksklusif bila alat atau perangkat ODP tersebut sudah terpasang di sekitar kawasan tinggal anda, maka di pastikan bahwa wilayah anda sudah tercover oleh layanan internet dengan bandwidth kecepatan tinggi sampai lebih dari 100 Mbps.

.

Didalam jaringan fiber optik kita akan mengenal istilah Fiber To The Home atau di singkat dengan istilah FTTH yang merupakan suatu jalan masuk jaringan yang menghubungkan antara sentra layanan dengan peralatan pelanggan dengan memakai fiber optik.

Pengertian ODP.
ODP yaitu abreviasi dari Optical Distribution Point yang merupakan sebuah perangkat pendukung layanan fiber optik yang berfungsi sebagai titik terminasi kabel drop optik atau kawasan untuk membagi satu core optic ke beberapa pelanggan (terminal), dan ODP terbagi dalam beberapa jenis, yaitu.

ODP Closure.
ODP Closure yaitu sebuah kotak hitam yang terpasang pada kabel jaringan telepon utama SCPT dan kabel SSW, dan untuk letak pemasangan sanggup berada akrab dengan tiang telepon atapun terpasang pada pertengahan kabel diantara dua tiang telepon.


ODP Pole.
ODP Pole yaitu sebuah kotak terminal kabel fiber optik yang di pasang pada tiang kabel telepon yang berfungsi sebagai kawasan untuk membagi core serat optic dari kabel utama ke pelanggan sehingga bila rumah anda akrab dengan kotak ODP Pole / ODP Wall maka akan lebih gampang bila ingin mengajukan pemasangan jaringan indihome.


Bagaimana bila kawasan tinggal anda jauh dari ODP Pole atau berjarak lebih dari 100 meter, maka untuk menjadi pelanggan indihome anda harus membeli sendiri perhiasan kabel fiber (jika rumah anda berjarak lebih dari 100 meter dari Box ODP Pole).

ODP Pedestal.
ODP Pedestal yaitu sebuah tabung yang berisi sambungan kabel fiber optik yang di letakan di atas tanah, dan umumnya ODP Pedestal atau ODP tanah di pasang di sekitar komplek perumahan ataupun area perkantoran.


Splicer.
Walaupun tidak ada hubungannya dengan jenis ODP, akan tetapi perangkat tersebut mempunyai kekerabatan yang sangat erat dengan pemasangan kabel fiber optic dari ODP Pole ke rumah pelanggan.

Fungsi Splicer yaitu alat untuk menyambung kabel fiber optic lengkap dengan untuk mengetahui kualitas sambungan kabel fiber.


Demikian artikel yang sanggup aku sampikan mengenai jenis-jenis ODP jalan masuk fiber optic, supaya sanggup menambah sedikit wawasan kita mengenai ODP Jaringan Fiber.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nih Jenis Odp Jaringan Fiber Optic"

Posting Komentar