Nih Cara Membagi Bandwidth Wifi / Lan Dengan Qos Router

Cara Membatasi Bandwidth Wifi / LAN Dengan QoS Router. Kali ini saya akan menawarkan tutorial bagaimana cara membatasi bandwidth kecepatan upload dan download internet memakai fitur QoS yang ada di Router.

Secara default, semua Router mempunyai kemudahan untuk membagi bandwidth internet sesuai dengan yang diinginkan oleh direktur jaringan supaya sistem jaringan komputer sanggup berjalan sesuai harapan.

QoS sendiri merupakan fitur router yang berfungsi untuk menawarkan jaminan aplikasi ataupun layanan lain dalam sebuah jaringan komputer, terutama layanan pembagian bandwidth supaya kualitas koneksi internet sanggup diterima sesuai yang dikehendaki.

.

Dengan adanya fitur QoS, maka anda sanggup dengan gampang membatasi ataupun membagi kecepatan bandwidth internet jaringan Wifi dan LAN yang anda miliki, dan pada Router ASUS RT-N14UHP menyediakan tiga (3) fitur pembatasan bandwidth, antara lain.
  1. QoS to Configuration.
  2. User-Defined QoS rules.
  3. User-Defined Priorities.

QoS to Configuration.
Fitur Qos to Configuration ialah kemudahan QoS yang sanggup dipakai untuk membatasi bandwidth download dan upload internet Wifi dan LAN secara keseluruhan, sehingga semua perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet akan mendapat bandwidth sama rata.

Cara Menggunakan Fungsi QoS to Configuration Pada Router.
1. Login ke router.
2. Kemudian lakukan settingan sebagai berikut.

3. Selesai.


User-Defined QoS Rules.
Fitur user-defined QoS rules merupakan fitu QoS yang sanggup dimanfa'atkan untuk mengatur bandwidth internet, menyerupai pembatasan kecepatan upload dan download pada komputer / wireless menurut IP Address ataupun MAC Address sehingga kita sanggup mengelompokkan bebebrapa komputer / perangkat yang terhubung dengan jaringan internet yang kita miliki.


Cara Menggunakan Fungsi User-Defined QoS Rules Pada Router.
Pada tutorial cara membagi bandwidth dengan QoS Router, saya memakai Router ASUS RT-N14UHP Wireless-N300 High Power, dan untuk caranya ialah sebagai berikut.

1. Buka browser, kemudian ketikkan 192.168.1.1 (IP Address Default Router ASUS RT-N14UHP), kemudian Enter.

2. Kemudian sesudah muncul hidangan utama Router ASUS N300, silahkan lakukan settingan sebagai berikut.
  1. Klik Traffic Manager.
  2. Kemudian klik Menu QoS.
  3. Lalu pilih user-defined QoS rules.


3. Tahap berikutnya, secara otomatis akan muncul tampilan pengaturan bandwidth, silahkan pilih komputer ataupun perangkat wifi yang terhubung dengan jaringan internet anda, dan untuk caranya ialah sebagai berikut.
  1. Pilih pembatasan bandwidth pada perangkat menurut MAC Address ataupun IP Address.
  2. Kemudian tentukan besarnya kecepatan upload dan download sesuai keinginan, misal 0 KB - 512 KB tergantung besarnya bandwidth yang dimiliki.
  3. Selanjutnya klik Add.
  4. Lalu untuk mengakhiri obrolan QoS, silahkan klik Apply

User-Defined Priorities.

Demikian artikel yang sanggup saya bahas, mengenai langkah-langkah baimana cara membagi bandwidth wifi dan LAN memakai fitur QoS pada Router Wireless.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Nih Cara Membagi Bandwidth Wifi / Lan Dengan Qos Router"