Nih Cara Mengatasi Duduk Masalah Sharing File, Folder / Data Jaringan Windows 7 / 10 / 8

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Error Sharing Data, File, Folder Di Jaringan Komputer Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10. Sharing File Dan Folder atau Cara Berbagi File Folder merupakan pecahan dari tujuan di bangunnya sebuah jaringan komputer, sehingga file, folder, dan data yang di sharing sanggup dipakai secara bahu-membahu oleh user yang lain.

Melakukan sharing file / data, dan sharing perangkat keras (harware) ini sangat penting untuk dipakai pada sebuah jaringan komputer skala kecil, jaringan komputer skala menengah, bahkan pada sebuah jaringan komputer skala besar dan komplek, ibarat Jaringan Komputer Warnet, Jaringan Komputer Lab Sekolah, Jaringan Komputer Kantor.

Salah satu fungsi utama jaringan komputer yaitu untuk melaksanakan sharing file, folder, data, ataupun sharing perangkat keras (hardware) ibarat scaner, drive, ataupun pearangkat keras yang lainnya supaya sanggup dipakai secara bersama-sama, dengan begitu pengguna jaringan komputer akan sangat diuntungkan dari segi efisiensi biaya dan tempat.

.

Masalah pesan error sharing file / data jaringan komputer yang meyebabkan kita tidak sanggup membuka file atau megakses komputer lain dalam jaringan memang terlihat sederhana dan sepele, namun efek yang ditimbulkan akan cukup menciptakan anda binggung terlebih pada anda yang gres mendalami dunia jaringan komputer.

Berikut yaitu beberapa teladan pesan error jaringan komputer yang sering muncul ketika kita akan membuka file / data komputer lain pada sebuah jaringan komputer windows.
  • Windows Security.
  • Error Open Folder
  • Network Error

Cara Mencari penyebab dan Mengatasi duduk masalah jaringan komputer windows yang sering terjadi ketika melaksanakan Sharing File / Folder Pada Jaringan Komputer berbasis Windows, dan pada tutorial kali ini saya memakai Windows 7 Professional, dan untuk versi Windows yang lain silahkan diubahsuaikan sendiri.

Windows Security.
Pesan error / duduk masalah Windows Security merupakan salah satu duduk masalah yang sering timbul pada ketika kita akan membuka file pada komputer lain melalui jaringan komputer, sehingga folder / file tidak sanggup di buka.


Penyebab munculnya pesan Windows Security adalah, bahwa komputer yang akan dibuka pada jaringan terindikasi adanya penggunaan username dan password pada komputer lain atau file, folder / ibarat di lindungi oleh passwod.

Dengan adanya pesan Windowws Security yang muncul pada ketika kita akan membuka atau mengakses data komputer lain maka secara otomatis file tidak sanggup terlihat atau dengan kata lain jikalau kita akan membuka file komputer tersebut harus membutuhkan username dan password.

Namun begitu, terkadang walaupun kita tidak menciptakan password pada file ataupun folder yang di sharing, akan tetapi pesan error Windows Security masih saja muncul.

Cara Mengatasi Masalah Windows Security Pada Jaringan.
  • Silahkan cek komputer / file data yang akan di buka, apakah memang memakai password, jikalau iya, maka untuk sanggup membuka file / documents komputer tersebut harus mengetahui username dan passowrd yang digunakan.
  • Lakukan Sharing file / folder Jaringan Komputer dengan benar sebab bukan mustahil penyebab duduk masalah Windows Security yaitu adanya kesalahan ketika sharing folder / file data.

Selanjutnya jikalau sudah mencoba cara diatas namun duduk masalah Windows Security belum teratasi, maka silahkan lakukan beberapa pengaturan ibarat di bawah ini.

1. Buka network (icon computer yang ada di pojik kanan bawah layar), kemudian klik Open Network and Sharing Center.


2. Kemudian pilih Change Advanced Sharing Settings.


3. Sebelum melaksanakan setingan sharing file / data, saya ingin mengingatkan bahwa tahap ini merupakan pengaturan fitur keamanan data yang akan di sharing.

Untuk itu, sebelum melaksanakan perubahan keamanan sharing data yang akan di bagikan, sebaiknya di cermati semua perintah yang ada dan gunakan sesuai kebutuhan anda.
  1. Network discovery : pilih Turn off network discovery.
  2. File and printer sharing : Jika ingin melaksanakan sharing printer, silahkan pilih Turn on file and printer sharing.
  3. Public folder sharing : pilih Turn off Public folder sharing (people logged on to this computer can still access these folders).
  4. File sharing connections : pilih Use 128-bit encryption to help protect file sharing connections (recommended).
  5. Password protected sharing : pilih Turn off password protected sharing.
  6. Selanjutnya klik Save Changes.
4. Selesai.

Error Open Folder.
Open Folder yaitu salah satu pesan kesalahan / error yang sering muncul ketika kita akan membuka data / file, dan folder pada jaringan komputer windows.


Penyebab munculnya pesan error open folder secara umum yaitu di karenakan komputer yang akan di buka file foldernya dalam kondisi tidak aktif, misal komputer / laptop posisi mati atau kabel jaringan tidak terpasang dengan baik sehingga mengakibatkan koneksi antar komputer tidak terputus.

Cara Mengatasi Masalah Error Open Folder Jaringan Komputer Windows.
  • Silahkan cek kabel jaringan, dan pastikan koneksi jaringan pada setiap komputer terhubung dengan baik.

Network Error.
Network Error merupakan pesan duduk masalah jaringan komputer yang sanggup saja muncul pada ketika kita akan membuka file / data pada komputer lain dalam jaringan, sehingga folder ataupun data tidak sanggup dibuka dan mengakibatkan munculnya tampilan pesan error deperti dibawah ini.


Penyebab Network error yaitu adanya seringan sharing ffile / folder yang kurang maksimal, sehingga sinkronisasi komputer tidak sanggup berjalan dengan baik.

Cara Mengatasi Network Error Jaringan Komputer.
  • Lakukan Sinkronisasi Jaringan Komputer, sebab umumnya penyebab munculnya pesan Error Network yaitu adanya kesalahan pengaturan sharing folder / file data.

Perlu diketahui, selain sanggup dipakai untuk mengatasi duduk masalah Sharing File, Folder, Data, cara tersebut juga sanggup dipakai untuk memperbaiki duduk masalah sharing Scanner, dan Drive (Hardisk, CD/DVD), ataupun perangkat keras yang lain.

Saran.
Untuk menghindari terjadinya error pada jaringan komputer terutama untuk duduk masalah error sharing file, folder, data atapun prangkat keras yang lain terlebih dahulu lakukan Sinkronisasi Jaringan, terutama untuk komputer yang gres di install ulang.

Hal ini perlu dilakukan supaya setiap perangkat komputer sanggup saling mengenal antara komputer satu dengan komputer yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nih Cara Mengatasi Duduk Masalah Sharing File, Folder / Data Jaringan Windows 7 / 10 / 8"

Posting Komentar