Nih Cara Setting Jaringan Game Online Windows 7 / Vista / Xp

Cara Setting Jaringan Game Online Windows 7 / Vista / XP Tanpa Mikrotik. Jaringan Komputer yaitu campuran dari sejumlah sistem operasi dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi kabel maupun nirkable (wifi) sehingga sanggup saling mengembangkan data, mengembangkan perangkat keras, ataupun mengembangkan aplikasi.

Pada Artikel kali ini saya akan mencoba mengembangkan pengalaman ihwal bagaimana Cara Setting Jaringan Game Online Sederhana Tanpa Mikrotik Windows 7, dan tentunya setting jaringan game online lebih gampang dari pada melaksanakan setting jaringan komputer kantor ataupun warnet.

Karena pada jaringan komputer yang khusus dipakai untuk layanan game online tidak lagi membutuhkan software / aplikasi yang umum di pakai dalam jaringan warnet ataupun jaringan kator serta tidak lagi memerlukan setting sharing file / foder ataupun sharing perangkat keras, menyerupai printer, scaner dan hardware yang lainnya.

Akan tetapi cara ini juga sanggup diterapkan untuk Setting Jaringan komputer lab sekolah, Jaringan Komputer Kantor, ataupun jaringan komputer sederhana yang lainnya dengan memakai Windows 10, Windows XP, ataupun Windows 8.

.

Topologi Jaringan Game Online Sederhana Tanpa Mikrotik.

Internet - Modem - Switch / HUB - Komputer Billing + Komputer Client.

Menurut pengalaman pribadi, stopologi jaringan menyerupai ini bekerjsama kurang efisien, mengingat semua komputer mempunyai hak yang sama dalam mendapat bandwidth atau lebih tepatnya setiap komputer saling berebut kecepatan saluran internet.

Sehingga model jaringan game online sederhana yang akan saya share kali ini lebih sempurna kalau di aplikasikan pada warnet ataupun game online yang mempunyai jumlah bandwidth yang kecil.


Pada tutorial menciptakan jaringan game online sederhana ini saya sengaja tidak memakai Mikrotik sebagai pengatur banwidth, mengingat banwidth yang saya miliki hanya 1 Mbps, jadi perkiraan saya sangat tidak sempurna kalau memakai mikrotik atau squid untuk melimit bandwidth.

Duntuk membagi bandwidth dalam jumlah yang kecil pada sebuah game online lebih baik memakai P2Pover ataupun aplikasi pembagi bandwidth lainnya yang berdasarkan saya lebih simple dan praktis.

.

Akan tetapi kalau anda ingin membangun jaringan game online dalam skala besar, misal 20 unit komputer atau lebih, saya sangat menyarankan dalam melaksanakan management / pembagian bandwidth lebih baik memakai mikrotik, dengan topologi sebagai berikut.

Topologi Jaringan Game Online Menggunakan Mikrotik.

Internet - Modem - Mikrotik - Switch / HUB - Komputer Biling + Komputer Client.

Skema jaringan internet semacan ini merupakan yang paling banyak atau paling umum dipakai oleh warnet dan game online ketika ini yang mempunyai bandwidth yang besar serta melibatkan jumlah komputer client yang banyak.

Untuk membangun sebuah jaringan komputer memakai kabel LAN, ada beberapa hardware / perangkat keras jaringan yang harus di persiapkan untuk mendukung implementasi jaringan komputer, antara lain:
  • Komputer.
  • HUB / Switch.
  • Kabel Jaringan / Kabel UTP yang sudah terpasang konektor RJ-45.
  • Mikrotik (jika inging mengatur bandwidth dengan mikrotik). 

Disamping mempersiapkan hardware / perangkat keras jaringan, anda juga harus mempersiapkan hardware dam software untuk mendukung dan meningkatkan performa game online, misal.

Spesifikasi Komputer  / Laptop Game Online.
  • Prosesor minimal Dual Core 2,7 Ghz (di sesuaikan kebutuhan game).
  • RAM / Memory minimal 2 GB (di sesuaikan kebutuhan game).
  • Hardisk / HDD minimal 250 GB (di sesuaikan kebutuhan game).
  • VGA Card minimal 512 MB / 128 bit (di sesuaikan kebutuhan game).

Aplikasi / Software Pendukung Game Online.
  • Windows 7.
  • Driver Komputer / Motherboard (jika memakai VGA Card, sebaiknya driver VGA onboard jangan di install).
  • Driver VGA Card.
  • DirectX minimal versi 9.0 atau di sesuaikan kebutuhan game.
  • Adobe Flash Player Terbaru.
  • Aplikasi keamanan, Deep Freeze atau Shadow Defender.

Pada ilustrasi jaringan game online kali ini saya akan memakai 3 Unit komputer, dimana 2 unit komputer dijadikan client, dan 1 unit komputer dipakai sebagai Server / komputer billing, dan memakai IP Address sebagai berikut,

IP Address Computer Server : 192.168.0.3
IP Address Computer Client.
  • Client 1 IP Address : 192.168.0.1
  • Client 2 IP Address : 192.168.0.2

Note.
Anda sanggup merubah IP Address Komputer sesuai keinginan, atau IP Address Komputer tidak harus sama menyerupai apa yang saya tulis diatas, serta anda juga sanggup menambahkan jumlah komputer client sesuai keinginan.

Kemudian sehabis kita memilih IP Address komputer, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu melaksanakan Setting IP Address pada setiap komputer yang akan terhubung ke jaringan game online.

Pada tutorial Cara Setting IP Address Komputer, saya memakai Windows 7 Professional 32 bit, dan untuk versi Windows yang lain tinggal diadaptasi saja.

.
  • Perbedaan system 32 bit dan 64 bit.

Cara Praktis Setting IP Address Komputer / Laptop Windows 7 .

1. Silahkan klik icon Local Area Connections (icon komputer pojok bawah kanan layar), kemudian klik Open Network and Sharing Center.


2. Kemudian pada tampilan selanjutnya klik Change adapter settings.


3. Selanjutnya pada tampilan Local Area Connection, silahkan klik kanan kemudian pilih Properties.


4. Tahap berikutnya, silahkan pilih Internet Protocol 4 (TCP/IPv4), kemudian klik Properties.


5. Pada tahap berikutnya, silahkan klik Use the following IP address, kemudian lakukan setting IP Address Komputer sebagai berikut.

  1. Masukkan IP Address, dan sebagai teladan saya mengisikan : 192.168.0.3.
  2. IP Subnet Mask secara otomatis akan muncul sendiri, yaitu : 255.255.255.0.
  3. Default Gateway : 192.168.1.254, sengaja saya masukkan IP Address Modem Speedy IndiHome, mengingat dalam topologi jaringan game online tanpa mikrotik yang lebih mayoritas yaitu tugas Modem.
  4. Selanjutnya klik OK.


6. Selesai.

Sampai disini proses Setting Jaringan Komputer sudah selesai, tetapi kalau anda ingin melaksanakan sharing file, folder, data, ataupun perankat keras supaya sanggup dipakai secara bersama-sama, silahkan membaca artikel ihwal Cara Sharing File Folder Windows 7 / 8 / 10 / Vista / XP.

Selain itu, pada ketika setting IP Address Komputer, anda juga sanggup mengisi DNS untuk meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi internet semoga lebih maksimal serta untuk meminimalisir koneksi internet yang sering putus-putus atau Disconnected / DC.

.

Penting.
Seperti apa yang kita tahu, bahwa kehadiran Windows 7 yaitu untuk meningkatkan performa dan keamanan dari versi Windows Vista ataupun Wubdows versi sebelumnya sehingga aneka macam aplikasi yang tidak sanggup berjalan secara otomatis.

Atau dengan kata lain untuk menjalankan perangkat lunak / software tertentu terkadang harus melalui Run Administrator, untuk itu perlu dilakukan beberapa setingan Windows 7 semoga game ataupun software yang lain sanggup berjalan secara otomatis atau autorun.

.

Demikian warta yang berhasil saya rangkum mengenai artikel ihwal bagaimana Cara Setting Jaringan Game Online Di Windows Windows 7.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nih Cara Setting Jaringan Game Online Windows 7 / Vista / Xp"

Posting Komentar