Nih Cara Sinkronisasi Jaringan Komputer Windows

Pengertian Sinkronisasi Jaringan Komputer LAN. Sinkronasi jaringan komputer LAN ialah sebuah proses pengenalan komputer satu dengan komputer yang lainnya dalam sebuah Jaringan Komputer LAN (Local Area Network).

Akan tetapi dalam sebuah jaringan komputer, bahwa bekerjsama sesudah kita tamat melaksanakan Setting Jaringan Komputer, semua komputer sudah dapat saling mengenal dan saling terhubung dengan adanya IP Address Komputer yang sudah ditentukan pada setiap komputer, dan sudah memungkinkan setiap komputer untuk melaksanakan sharing koneksi internet.

Sedangkan pengertian sinkronisasi secara umum ialah merupakan suatu proses tolong-menolong dan saling menyebarkan data bersama, dan sinkronasi diharapkan untuk meminimalisir / menghindari terjadinya ketidak konsitenan ketika penggunaan data secara bersamaan yang dapat mengganggu kelancaran susukan data.

Perbedaan Setting Jaringan Dan Sinkronasi Jaringan Komputer.

Setting Jaringan Komputer.
Setting Jaringan Komputer berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya pada sebuah jaringan komputer menurut IP Address Komputer, misal semoga komputer dapat saling terhubung ke internet ataupun terhubungnya komputer satu dengan komputer lainya.

Sinkronisasi Jaringan Komputer.
Sinkronisasi Jaringan Komputer merupakan bab dari Setting Jaringan Komputer yang berfungsi untuk mempermudah pengenalan komputer satu dengan komputer yang lain dalam sebuah jaringan komputer.

Hal ini dimaksudkan semoga setiap komputer lebih gampang dalam melaksanakan sharing data, file, folder, ataupun perangkat keras komputer, menyerupai printer, CD/DVD, Scanner, dan lain sebagainya yang merupakan bab atau salah satu fungsi dibangunnya sebuah jaringan komputer.

Fungsi utama dari sinkronasi jaringan komputer ialah untuk mempermudah kita dalam melaksanakan sharing file, folder, data atau sharing printer pada sebuah Jaringan Komputer, sehingga proses sinkronasi ini akan memperlihatkan fasilitas serta kelancaran ketika kita akan saling bertukar data pada jaringan komputer.

Karena menyerupai yang kita ketahui terkadang ada duduk perkara kecil ketika kita akan membuka data komputer lain, misal komputer meminta password admin, sedangkan kita merasa tidak pernah memakai password dalam jaringan komputer tersebut.

Fungsi utama dari sinkronisasi jaringan komputer ialah untuk mempermudah kita dalam melaksanakan sharing file, folder, data atau sharing printer pada sebuah Jaringan Komputer, sehingga proses sinkronisasi ini akan memperlihatkan fasilitas serta kelancaran ketika kita akan saling bertukar data pada jaringan komputer.

Karena menyerupai yang kita ketahui terkadang ada duduk perkara kecil ketika kita akan membuka data komputer lain, misal komputer meminta password admin, sedangkan kita merasa tidak pernah memakai password dalam jaringan komputer tersebut, atau terkadang juga komputer lain hanya dapat di lihat namun komputer tersebut tidak dapat susukan atau dibuka padahal tidak ada perlindungan sama sekali, dan lain sebagainya.

Selain itu, sinkronisasi jaringan komputer juga dapat dipakai untuk menghidari hal-hal yang kelihatannya sepele namun cukup membingungkan, untuk itu perlunya dilakukan sinkronisasi pada sebuah jaringan komputer.

.

Sinkronisasi Jaringan komputer bekerjsama secara otomastis akan terjadi ketika kita pertama kali akan melaksanakan sharing file, folder, data, ataupun sharing perangkat keras komputer, menyerupai sharing printer, sharing scanner, sharing drive, dan lain sebagainya, sehingga cara melaksanakan sinkeonisasi jaringan komputer sama saja dengan cara sharing dat komputer.

Cara Sinkronisasi Jaringan Komputer Windows XP.

1. Klik Start, kemudian pilih Control Panel.


2. Kemudian pilih Network and Internet Connections.


3. Selanjutnya silahkan pilih Set up or change your home or small office network.


4. Pada tampilan obrolan berikutnya , silahkan klik Next.


5. Pada tahap selanjutnya, silahkan klik Next.


6. Kemudian pilih This computer connects to the through a residential gateway or through another computer on my network, kemudian klik Next.


7. Selanjutnya isikan Computer Description dan Computer Name pada kotak yang tersedia (nama komputer terserah, asalkan setiap komputer mempunyai nama yang berbeda atau dengan kata lain nama komputer dilarang sama dalam satu jaringan komputer), kemudian klik Next.


8. Lalu isikan Workgroup Name pada kotak yang tesedia (nama Workgroup terserah, dan untuk mempermudah pengelompokan area kerja sebaiknya semua komputer diberikan nama workgroup yang sama, atau kau juga dapat memperlihatkan nama workgroup yang berbeda sesuai area kerja), kemudian selanjutnya klik Next.


9. Selanjutnya muncul form File and printer sharing, disini anda dapat melaksanakan sharing printer secara otomatis, namun anda juga dapat membatalkan sharing printer, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda, kemudian klik Next.


10. Kemudian muncul tampilan Ready to apply network setting, yang menyatakan komputer sedang mempersiapkan pemasangan setting jaringan, kemudian klik Next.

11. Tunggu beberapa saat, proses sinkronasi jaringan sedang berlangsung.

12. Lalu silahkan klik Just finish the wizard: I don't need to run the wizard on other computers, kemudian klik Next.


13. Kemudian muncul tampilan yang menyatakan bahwa proses setting jaringan sudah selesai, langkah selanjutnya silahkan klik Finish.


14. Selanjutnya secara otomatis komputer akan meminta Restart, silahkan klik Yes.


15. Sampai disini proses Sinkronasi Jaringan Komputer LAN sudah selesai.

Mungkin itu dulu yang dapat saya informasikan mengenai artikel wacana bagaimana Cara Sinkronasi Jaringan Komputer LAN (Local Area Network).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nih Cara Sinkronisasi Jaringan Komputer Windows"

Posting Komentar