Nih Pengertian Snr Margin & Line Attenuation Pada Modem Adsl Indihome Speedy

Pengaruh SNR Margin dan Line Attenuation Terhadap Kualitas Jaringan ADSL Speedy IndiHome. Didalam koneksi jaringan internet Teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) kita akan mengenal istilah SNR, SNR Margin, dan Line Attenuation, yang mana nilai SNR, SNR Margin, dan Line Attenuation mempunyai efek yang besar terhadap kualitas jaringan internet berbasis teknologi ADSL yang diterima.

SNR atau Signal to Noise Ratio yaitu perbandingan antara kekuatan Signal (Sinyal) dengan kekuatan Noise (Gangguan), nilai SNR digunakan untuk menunjukkan kualitas jalur koneksi dimana semakin besar nilai SNR makan akan semakin tinggi kualitas jalur tersebut, tetapi perlu di ketahui amun bekerjsama secara umum nilai SNR cenderung tetap, dan satuan yang digunakan untuk mengukur SNR yaitu dB (decibel).

Penting !.
SNR (signal to noise) tidak sama dengan SNRM (SNR Margin) walaupun keduanya sangat berkaitan erat.

Apa Itu SNR Margin dan Line Attenuation ?.
Pengertian SNR Margin (SNRM).
Signal to Noise Ratio Margin yaitu perbedaan yang ada pada jalur komunikasi antara kekuatan sinyal ADSL dengan Noise (Gangguan)

Sehingga dengan mengetahui nilai perbedaan antara SNR yang yang bekerjsama dan nilai SNR yang diharapkan dalam suatu jalur komunikasi.

Maka sanggup digunakan sebagai pola untuk memilih besar kecilnya tingkatan data yang akan di transmisikan, dan satuan yang digunakan SNR dan SNR Margin yaitu decibel (dB).

Pengertian Line Attenuation (LA).
Line Attenuation yaitu Nilai yang menunjukkan seberapa baik kualitas sinyal yang diterima pelanggan, dan faktor yang sangat menghipnotis manis tidaknya kualitas sinyal yaitu panjangnya kabel penghubung antara modem dengan central DSLAM (Telkom).

Sehingga makin jauh antara jarak modem (pelanggan) dengan perangkat di DSLAM, maka akan semakin buruk kualitas sinyal yang di dapat, dan satuan yang digunakan untuk mengukur Line Attenuation yaitu dB (decibel).

Perbedaan Downstream Dan Upstream ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line).


Sedikit catatan, bahwa untuk mendapatkan kecepatan jalan masuk data internet yang cepat dan stabil pada teknologi ADSL (Speedy) ataupun IndiHome (Fiber Optic) sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain.
  • SNR Margin (signal to noise ratio) yaitu kualitas signal ADSL yang diterima modem dengan hantaran media kabel tembaga, serat optik ataupun media penghantar jenis yang lainnya.
  • Line Attenuation yaitu redaman yang terjadi ketika signal ADSL di alirkan pada media tembaga, serat optik, ataupun meedia yang lainnya.
  • Data Rate yaitu nilai bandwidth yang diterima modem / ONT GPON.
  • Max Rate yaitu nilai maximum modem ADSL / ONT GPON dalam mendapatkan bandwidth.
  • CRC atau Cyclic Redundancy Check yaitu algoritma untuk memastikan integritas data dan mengecek kesalahan pada suatu data yang akan di transmisikan atau di simpan.

Pengertian Downstream.
Downstream yaitu istilah yang digunakan untuk merujuk kecepatan transmisi data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network (data masuk).

Pengertian Upstream.
Upstream yaitu istilah yang digunakan untuk merujuk kecepatan transmisi data dari komputer lokal ke komputer lain melalui network (data keluar).

Dan didalam broadband teknologi ADSL istilah Downstream dan Upstream digunakan untuk menunjukkan kecepatan fatwa bandwidth (lalu lintas data) yang dikirim dan yang diterima.

Cara Mengetahui Nilai SNR Margin Dan Line Attenuation pada Modem ADSL Speedy IndiHome.
Dengan melihat nilai SNR Margin dan Line Attenuation yang di tunjukkan oleh Modem ADSL yang kita pakai, maka kita akan sanggup mengetahui seberapa baik kualitas signal atau jaringan ADSL yang kita terima.

Lantas berapa nilai SNR Margin dan Line Attenuation yang sanggup di kategorikan dalam kondisi bagus, berikut nilai SNR Margin dan Line Attenuation yang sanggup dijadikan sebagai perbandingan.

:
Cara Melihat Nilai SNR Margin dan Line Attenuation Modem IndiHome Speedy.

Nilai SNR Margin (Signal To Noise Margin). Semakin Tinggi Semakin Baik.
  • 29,0 db - Keatas  = Outstanding. (Bagus Sekali).
  • 20,0 db - 28,9 db = Excellent. (Bagus) - Koneksi Stabil.
  • 11,0 db - 19,9 db = Good. (Baik) - Sinyal ADSL sanggup berlansung lancar.
  • 07,0 db - 10,9 db = Fair. (Cukup) - Rentan terhadap gangguan.
  • 00,0 db - 06,9 db = Bad. (buruk) - Sinkronasi gagal atau tidak lancar.

Nilai Line Attenuation Semakin Rendah Semakin Baik.
  • 00,0 db - 19,99 db = Oustanding (Bagus Sekali).
  • 20,0 db - 29,99 db = Exelent (Bagus).
  • 30,0 db - 39,99 db = Very Good (Baik).
  • 40,0 db - 49,99 db = Good (Cukup).
  • 50,0 db - 59,99 db = Poor (Buruk) kemungkinan akan sering terjadi gangguan.
  • 60,0 db - Keatas     = Bad (Sangat Buruk) - Internet tidak akan sanggup berjalan lancar

Sekian Artikel wacana Pengertian SNR Margin dan Line Attenuation beserta pengaruhnya terhadap kualitas jarinngan internet Speedy IndiHome.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nih Pengertian Snr Margin & Line Attenuation Pada Modem Adsl Indihome Speedy"

Posting Komentar